Instalasi Ubuntu 12.04 pada VirtualBox di Windows 8

Halo, kali ini saya akan berbagi info tentang cara instalasi OS Ubuntu 12.04 dengan menggunakan VirtualBox.
Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". (sumber : wikipedia.org)
Nah, jadi saya yang saat ini menggunakan Windows 8 sebagai sistem operasi utama dapat menambahkan Ubuntu (atau yang lainnya) sebagai sistem operasi tambahannya. Keunggulan dari penggunaan VirtualBox adalah tidak menghabiskan kinerja komputer baik RAM maupun hardisknya.

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan sebelum menginstal Ubuntu-nya adalah menginstal terlebih dahulu VirtualBoxnya. Kalo belum ada, bisa download di sini nih. Instalnya mudah, seperti instalasi aplikasi pada umumnya, cukup klik tombol next sampai ketemu tombol instal :)
Nah ini dia tampilan VirtualBox yang sudah berhasil terinstal :


Nah, sekarang kita akan mulai menginstal Ubuntu. Klik tombol baru yang berwarna biru di pojok kiri atas jendela VirtualBox.

Isikan seperti gambar di bawah ini :


Nama : (bebas)
Tipe   : Linux
Versi  : Ubuntu 
Ukuran memorinya bebas, ini dipakai untuk memory system dari sistem operasi yang akan diinstal. Setelah itu pilih 'Buat hardisk virtual sekarang'. Lalu klik 'Buat'.

Tahap selanjutnya adalah membuat drive baru. Disini saya membuat drive baru berukuran 8 GB, setelah itu klik 'Buat'.


Akan muncul tampilan seperti berikut :


Setelah itu masuk ke pengaturan. Pastikan file iso dari ubuntu 12.04 nya sudah ada ya ! Kalau belum bisa download di sini.


Sekarang kita sudah siap menginstal Ubuntu 12.04 di VirtualBox. Klik 'Mulai', tunggu sampai proses selesai lalu akan muncul jendela baru. Disanalah kita akan menginstal Ubuntu. Setelah blank window akan muncul tampilan seperti berikut :


Pilihlah bahasa yang akan digunakan pada Ubuntu kita nanti. Di sini saya memilih menggunakan 'Bahasa Indonesia'. Lalu klik 'Pasang Ubuntu' maka akan muncul tampilan berikut :


Klik 'Lanjutkan'.


Selanjutnya membuat partisi. Karena di VirtualBox ini hanya baru ada Ubuntu saja, maka saya memilih 'Hapus diska dan pasang Ubuntu'. Lalu klik 'Lanjutkan'.


Ubuntu siap diinstal.


Selagi menunggu proses selesai, kita bisa sambil memilih regional keberadaan kita, identitas profil sistem operasi yang akan digunakan.




Setelah instalasi selesai, restart pada mesin virtualnya.


Dan Ubuntu siap digunakan :)









0 comments:

Copyright © 2013 Free your mind ! and Blogger Templates - Anime OST.